Sejarah Al-Quran


Abstrak - Al-Qur’an adalah kitab suci berisi wahyu Ilahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alayhi Wa Salam sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. 

Untuk memahami Al-Qur’an diperlukan berbagai ilmu, antara lain adalah Ulum Al-Qur-an

Ilmu ini mencakup berbagai pembahasan yang berhubungan dengan Al-Qur’an dari segi sebab turunnya, pengumpulan dan urutan-ururannya, pengetahuan tentang ayat-ayat makkiyah dan madaniyyah, nasikh dan mansukh dan lain sebagainya.

Ulum Al-Qur’an dengan berbagai cabang dan macamnya tidak lahir sekaligus, tetapi melalui proses dan perkembangan yang dapat dibagi ke dalam fase periwayatan dan fase kodifikasi. Sampai saat ini telah lahir puluhan tokoh di bidang Ulum Al-Qur’an. Di antara mereka yang paling masyhur adalah Jalaluddin Al Suyuthi yang menulis kitab Al Itqan fi `Ulumil Qur-an dan Al Zarqany dengan karyanya Al Burhan fi `Ulumil Qur-an. Kedua kitab ini selalu menjadi rujukan dalam kajian-kajian Ulumul Qur-an. ~ Pengantar Ulum Al-Quran, Sejarah dan Perkembangannya

Adapun sedikit catatan terkait Sejarah Al-Quran yang kerap menjadi bahan perbincangan dalam dialog, bahkan perdebatan lintas iman Kristen dan Islam di berbagai media, di antaranya adalah sbb:

Sejarah Al-Quran

Posting Komentar