Ensiklopedi Hadits


Hadits adalah apa yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad Shallallahu 'alayhi wa salam, baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapannya (Arab: taqrîr), sifat jasmani atau sifat akhlak, perjalanan setelah diangkat sebagai Nabi dan Rasul (Arab: bi'tsah) dan adakalanya juga dari masa sebelumnya, sehingga arti hadits di sini semakna dengan sunnah. 

Sedangkan arti Sunnah (Arab: سنة, adalah "arus yang lancar dan mudah" atau "jalur aliran langsung"), dalam ajaran Islam mengacu kepada sikap, tindakan, ucapan dan cara Rasulullah Shallallahu 'alayhi wa salam menjalani hidupnya atau garis-garis perjuangan (tradisi) yang beliau laksanakan.

Hadits yang menjadi rujukan dalam berbagai aspek kehidupan umat Islam adalah hadits-hadits yang terbukti benar (shahih) dan dapat diyakini kebenarannya. Sedangkan untuk menemukenali hadits-hadits ini tidak selalu mudah karena jumlah hadits yang ada dengan semua atributnya seperti Dhaif, Maudhu, Shahih, Hasan dlsb sangatlah banyak dan sumbernya pun berasal dari berbagai kalangan.

Berikut adalah beberapa catatan tentang hadits, atau hal-hal yang berhubungan dengan hadits, dalam konteks bahasan topik-topik yang tersedia pada webblog ini.

Pengantar Hadits
Hadits Palsu
Hadits Menjawab
Hadits Ibadah
Hadits Muamalah

Posting Komentar