Misiologi

Anda boleh baca berbagai artikel dan referensi tentang "Misiologi" atau di kalangan internal Kristen dikenal juga dengan sebutan "Penginjilan", khususnya terhadap kelompok atau masyarakat luas non-kristen. Terlepas seberapa panjang dan seberapa jelas atau tidak jelasnya penjelasan tentang doktrin kisten yang satu ini, kesimpulannya adalah:

Misi penginjilan identik dengan segala daya upaya terstruktur para misionaris Kristen untuk mengkristenkan sebanyak-banyaknya umat non-kristen, khususnya umat Islam!

Konsep penginjilan terdiri atas enam pokok bahasan, yaitu:
  • Landasan teologis penginjilan,
  • Pengertian penginjilan,
  • Hakikat penginjilan,
  • Motivasi penginjilan,
  • Pentingnya penginjilan dan terakhir,
  • Tujuan penginjilan.
Dalam perspektif Misionaris, Penginjilan dipahami sebagai memberitakan karya Kristus yang mati karena dosa-dosa manusia, dikuburkan dan dibangkitkan pada hari ketiga (1 Korintus 15:3-4). Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan bagi umat manusia. 

Dengan demikian penginjilan diyakini relevan dan mutlak untuk dilakukan dengan bijak serta tulus (Matius 10:16oleh setiap pengikut Kristus dengan tujuan agar setiap orang dapat menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, supaya beroleh keselamatan. Sedangkan keselamatan itu sendiri harus diterima secara pribadi. Artinya respon yang diberikan harus bersifat pribadi terhadap berita Injil.

Akan tetapi seirng dengan perubahan jaman dan pesatnya kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi, di mana setiap orang dapat dengan mudah mengases internet untuk menemukan berbagai informasi yang diperlukan, termasuk tentu saja informasi-infomasi sensitif menyangkut kekristenan, maka tidak dapat disangkal bahwa dewasa ini upaya penginjilan sebagaimana diamanatkan oleh doktrin misiologi praktis menghadapi tantangan sangat berat. Muslim terpelajar yang meluangkan waktunya untuk dengan serius  mencermati dan mempelajari berbagai informasi tentang kekristenan pada gilirannya dapat dengan mudah membuktikan bahwa semua landasan konsep penginjilan seperti tersebut di atas ternyata dibantah oleh injil-injil di dalam alkitab sendiri!   

Sebagai contoh kita dapat sama-sama mencermati segala yang tersirat maupun tersurat dalam puluhan artikel seputar Kristus dan Injil di blog ini.  

Posting Komentar